PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI SMA NEGERI 4 KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JULIANA SARI (2018), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI SMA NEGERI 4 KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) merupakan model pembelajaran yang siswanya dituntut aktif dalam pembelajaran serta berkerja sama dalam mengelolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi sehingga siswa menjadi lebih aktif sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle(IOC) pada materi sel dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) pada materi sel kelas X1 MIPA di SMAN 4 langsa tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini mengunakan metode quasi eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 MIPA di SMA Negeri 4 langsa terdiri dari dua kelas dengan jumlah 49 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. MIPA 1 yang dipilih secara simple random sampling sehingga terpilih kelas XI. MIPA 1dengan menerapkan model Inside Outside Circle (IOC). Instrumen yang digunakan berupa tes yang terdiri dariprites dan postest untuk melihat hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan penerapan model model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Pada Materi Sel Kelas XI MIPA 1di SMA Negeri 4 LangsaTahun Pelajaran 2018/2019. Besar peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan penerapan model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Pada Materi Sel Kelas XI MIPA 1di SMA Negeri 4 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah sebesar 2,197. Saran diharapkan kepada Guru khususnya di SMA Negeri 4 Langsa untuk dapat menerapkan model pembelajaran aktif seperti model Inside Outside Circle (IOC) pada materi yang lain yang dianggap sesuai agar dapat memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat mengalami peningkatan. Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi yang sesuaimaupun level sekolah yang berbeda.


Kata kunci : Kata kunci : Model pembelajaran Inside outside cirle (IOC), hasil belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : JULIANA SARI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 18-02-2020 11:25
Terakhir diubah : 18-02-2020 11:25
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=325
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!