PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 GEBANG

Nilawati Putri (2022), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 GEBANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) merupakan model pembelajaran yang memperhatikan 3 hal, yaitu Auditory (mendengar), Intellectually (berpikir), Repetition (pengulangan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan bagaimana hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Gebang dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimental design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4,60 dan nilai ttabel sebesar 1,995 untuk taraf signifikan 5% dengan dk=68. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran AIR terhadap hasil belajar siswa, sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82,31 berkategorikan baik dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 70,21 berkategorikan cukup, dengan demikian hasil belajar siswa dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) lebih baik.


 

Kata kunci : Kata Kunci: AIR, Hasil belajar, Sistem Pernapasan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nilawati Putri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 06-09-2022 16:28
Terakhir diubah : 07-09-2022 13:36
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3249
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!