HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI PADA BAYI DL DESA PANTAI BALAI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN 2011

IRMADANTI (2011), HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI PADA BAYI DL DESA PANTAI BALAI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN 2011. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Salah satu program pemerintah untuk melindungi bayi dari bahaya penyakit yang dapat menyebabkan kecacatan atau kematian adalah dengan menjalankan program imunisasi. Program imunisasi bukanlah hal yang barn dalam dunia kesehatan di Indonesia, namun sampai saat ini masih banyak orang tua khususnya ibu rumah tangga yang masih ragu-ragu dalam memutuskan apakah anaknya akan diimunisasi atau tidak. Tingkat pendidikan seorang ibu akan menumbuhkan kesadarannya untuk mengimunisasi bayinya mengingat begitu besar manfaat yang akan diterimanya. Tujuan penelitian di sini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan dan seberapa besar hubungan antara tingkat pendidikan ibu rumah tangga terhadap pemberian imunisasi pada bayi di desa Pantai Balai Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan di sini adalah metode deskriptif. Instrumen penelitian ini yaitu berupa angket tertutup yang terdiri dari 38 soal dengan menyediakan 2 dan 3 alternatif jawaban. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan rumus korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh harga r hitung = 0,843 dan r tabel = 0,444 pada taraf 5 % maka r hitung > r tabel. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu rumah tangga terhadap pemberian imunisasi pada bayi di desa Pantai Balai kecamatan Seruway kabupaten Aceh Tamiang tahun 2011 dengan besamya hubungan yaitu 0,843 yaitu termasuk sangat tinggi. Maka penulis menyarankan pada ibu-ibu rumah tangga agar terus memberikan imunisasi pada bayinya agar bayi ibu mendapatkan kekebalan terhadap jenis penyakit tertentu dan kepada instansi terkait misalnya Dinas Kesehatan setempat agar kiranya meningkatkan penyuluhan yang intensif kepada ibu-ibu rumah tangga tentang manfaat dan cara memberikan imunisasi yang tepat pada bayi.

Kata kunci : Tingkat Pendidikan, Ibu Rumah Tangga, Imunisasi, Bayi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : IRMADANTI
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2011)
Tanggal disimpan : 05-09-2022 10:58
Terakhir diubah : 08-09-2022 03:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2011
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3243
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!