ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DALAM NOVEL SI ANAK SPESIAL KARYA TERE LIYE

LILI ANDRIANI (2022), ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DALAM NOVEL SI ANAK SPESIAL KARYA TERE LIYE . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan merupakan hal yang wajib dimiliki oleh seseorang. Dalam dunia pendidikan perlu adanya pendidikan karakter.  Salah satu nilai pendidikan karakter yang perlu dimiliki oleh peserta didik adalah karakter rasa ingin tahu. Upaya menanamkan nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu dilakukan dengan berbagai cara melalui media massa cetak salah satunya adalah karya sastra yaitu novel. Novel yang digemari di tingkatan anak sekolah dasar adalah novel Si Anak Spesial yang memberikan pengetahuan dan hiburan.


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu pada novel Si Anak Spesial.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian analisis konten. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis konten dengan tahapan pengadaan data, pengurangan (reduksi) data, inferensi, dan analisis.


Hasil penelitian ini diperoleh 13 kutipan mengandung nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu. 1 kutipan mengenai indikator bereaksi secara positif terhadap hal-hal baru, aneh, tidak layak, dan misterius yang terjadi dalam lingkungannya, 10 kutipan mengenai indikator memperlihatkan kebutuhan atau keinginan untuk lebih banyak mengetahui diri sendiri atau lingkungannya, 1 kutipan mengenai indikator mengamati lingkungannya untuk mencari pengalaman baru, 1 kutipan mengenai indikator memeriksa dengan tekun dan meneliti sesuatu.


Penelitian ini diharapkan hasil penelitian dapat menjadi pembelajaran untuk membangun nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu serta menjadi referensi novel yang cocok dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu di kehidupan sehari-hari.


 


 

Kata kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Rasa Ingin Tahu, Novel “Si Anak Spesial”

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : LILI ANDRIANI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 05-09-2022 10:53
Terakhir diubah : 13-09-2022 06:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3242
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!