PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI KABUPATEN ACEH TAMIANG

RINA SUNITA (2013), PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pasal 14 Untuk menyelenggarakan upaya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004, pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing, dapat melakukan kerja sama dengan masyarakat atau lembaga sosial lainnya, dimana peran LSM sebagai pendamping bagi masyarakat.


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebabnya terjadinya tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga  di Kabupaten Aceh Tamiang, peranan Lembaga Swadaya masyarakat dalam memberikan perlindungan terhadap korban  kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Aceh Tamiang, kendala-kendala yang dihadapi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat  dalam memberikan perlindungan terhadap korban kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Aceh Tamiang.


Dalam penulisan skripsi ini dipergunakan teknik penelitian kepustakaan berupa mempelajari buku-buku ilmiah dan kasus – kasus yang berkaitan dengan masalah ini, juga dilakukan penelitian lapangan dengan mewawancarai responden yang terkait dengan pokok pembahasan.


Berdasarkan hasil  penelitian  dapat  disimpulkan faktor penyebabnya terjadinya tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga  di Kabupaten Aceh Tamiang adanya orientasi pada benda yang menimbulkan keinginan mendapat materi dengan jalan mudah, tidak ada penyaluran kehendak serta adanya semacam tekanan mental pada orang-seorang, keberanian mengambil resiko, kurangnya perasaan bersalah dan adanya keteladanan yang kurang baik. Peranan Lembaga Swadaya masyarakat dalam memberikan perlindungan terhadap korban  kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Aceh Tamiang dengan memberikan pendampingan kendala-kendala yang dihadapi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat  dalam memberikan perlindungan terhadap korban kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Aceh Tamiang dan upaya-upaya yang dilakukan oleh LSM dalam menangani kasus tindak kekerasan terhadap perempuan dilakukan melalui : Pendidikan dan Pelatihan, meliputi Penyuluhan Melalui kerjasama dengan Organisasi atau Instansi lain Kerjasama dengan Aparat Penegak Hukum dalam hal ini ditangani oleh Polres .Penyadaran Masyarakat dilakukan dengan bekerja sama dengan tokoh-tokoh pemuka agama, tokoh masyarakat dan lain-lain.


Dan saran Peningkatan kerjasama antar pihak terkait tentang penanganan kekerasan terhadap perempuan, terutama dengan LSM, Ormas dan Kepolisian.

Kata kunci : Peranan, Perlindungan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RINA SUNITA
Fakultas : Fakultas Hukum
Program.Studi : Ilmu Hukum (2013)
Tanggal disimpan : 01-09-2022 15:47
Terakhir diubah : 25-03-2024 11:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2013
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3237
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!