ANALISIS KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA LONGSOR DI KECAMATAN PANTAN CUACA KABUPATEN GAYO LUES

Kasmila (2022), ANALISIS KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA LONGSOR DI KECAMATAN PANTAN CUACA KABUPATEN GAYO LUES. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kabupaten Gayo Lues Kec. Pantan Cuaca Khususnya di Desa Kenyaran mempunyai sejarah yang kompleks ditandai oleh adanya siklus pembentukan endapan sedimen gunung api Pra-Tersier yang dipisahkan oleh tiga episode deformasi Kenozoikum berupa patahan dan pergeseran. Kondisi yang sangat kompleks, pelapukan batuan yang sangat tinggi juga menjadikan kawasan Gayo Lues rawan terhadap bencana geologi seperti tanah longsor.Dengan tingginya tingkat kerentanan terjadinya longsor, maka perlu dilakukan penelitian tentang tingkat kesiapsiaagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menanggulangi bencana longsor di Desa Kenyaran Kecamatan Pantan Cuaca Kabupaten Galo Lues.


Jenis penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif.Sampel area ditentukan melalui purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuensioner, dan dokumentasi. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif ,data tersebut menggunakan skala guttmant. Skala guttman digunakan untuk mengukur persepsi, sikap atau pendapat seseorang atau kelompok mengenai sebuah peristiwa atau fenomena sosial, berdasarkan definisi operasional yang telah ditetapkan oleh peneliti.


Hasil penelitian menunjukkan (1). Pengetahuan sebelum terjadi longsor dengan skor 54% masuk dalam kategori cukup baik. (2). Pengetahuan saat terjadi longsor dengan skor 44% masuk dalam kategori kurang baik. (3). Pengetahuan setelah terjadi longsor dengan skor 86% masuk dalam kategori sangat sangat baik, yang yang ke (4). Kesiapsiaagaan masyarakat Desa Kenyaran dengan skor 91% masuk kedalam kategori sangat baik

Kata kunci : Kesiapsiagaan Masyarakat, Bencana, Tanah Longsor

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Kasmila
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2022)
Tanggal disimpan : 30-08-2022 11:20
Terakhir diubah : 31-08-2022 04:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3225
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!