PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BROKEN TRIANGLE/SQUARE/HEART TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 3 KEJURUAN MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NURUL HUSNA SIREGAR (2018), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BROKEN TRIANGLE/SQUARE/HEART TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 3 KEJURUAN MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Proses pembelajaran dapat tercapai dengan baik dilihat dalam bentuk
perubahan prilaku dan hasil belajarnya. Namun pada kenyataannya yang terjadi hasil
belajar masih banyak yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada
pelajaran biologi yaitu 65, untuk memperbaiki hasil belajar yang baik peneliti
mengupayakan pembelajaran dengan menggunakan model broken triangle/square/
heart. Dimana model pembelajaran ini dapat memancing kerja sama antar siswa,
dapat membantu siswa memahami konsep yang sulit dipahami, memacu aktivitas,
semangat dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah
ada pengaruh model pembelajaran broken triangle/square/heart terhadap hasil
belajar pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 3 Kejuruan Muda
tahun pelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh model
pembelajaran broken triangle/square/heart terhadap hasil belajar pada materi
keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 3 Kejuruan Muda tahun pelajaran
2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen, dengan populasi
133 siswa yang terdiri dari 5 kelas dan sampelnya 2 kelas yaitu kelas X-MIPA-2
terdiri 27 siswa dan kelas X-IIS-1 terdiri 26 siswa. Instrumen yang digunakan berupa
tes pilihan berganda sebanyak 25 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran broken triangle/square/heart terhadap hasil belajar
pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 3 Kejuruan Muda tahun
pelajaran 2018/2019. Besarnya pengaruh model pembelajaran broken triangle/
square/heart terhadap hasil belajar pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA
Negeri 3 Kejuruan Muda tahun pelajaran 2018/2019 yaitu 4,314. Disarankan kepada
pihak sekolah untuk dapat menyediakan perlengkapan sarana dan prasarana yang
mendukung proses belajar mengajar di kelas, kepada guru biologi disarankan untuk
dapat menggunakan model pembelajaran pada saat proses pembelajaran, salah
satunya yaitu dapat menggunakan model pembelajaran broken triangle/square/heart
agar hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi lebih baik. Perlu dilakukan penelitian
lebih lanjut pada model pembelajaran broken triangle/square/heart yang sesuai
dengan materi pelajaran biologi di sekolah

Kata kunci : Pengaruh, Model Broken Triangle/Square/Heart, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NURUL HUSNA SIREGAR
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 11-01-2019 10:27
Terakhir diubah : 11-01-2019 10:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=32
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!