PENERAPAN SANKSI TERHADAP PELANGGARAN BUSANA ISLAMI MENURUT QANUN NOMOR 11 TAHUN 2002

Murniati (2013), PENERAPAN SANKSI TERHADAP PELANGGARAN BUSANA ISLAMI MENURUT QANUN NOMOR 11 TAHUN 2002 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Latar belakang skripsi ini meruipakan adanya gejala social didalam kehidupan masyarakat yang cendrung tidak memakai pakai yang islami, sedangkan Aceh saat ini telah menerapka syaroat islam, namum masyarakat belum dapat menerima sepenuhnya dalam hal ini dapat kita lihat dari cara berpakaian. Dikecamatan langsa timur yang merupakan bagian dari pada kota langsa banyak terdapat masyarakat yang memakai pakaian namum tidak sesuai dengan qanun nomor 11 tahun 2002.


Tulsan ini bertujuan untuk mengetahui factor yang mempengaruhi kaum perempuan yang sudah sampai umur (akhir baligh) tidak berbusana islami dan untuk mengetahui penerapan sanksi9 terhadap pelanggaran berbusana islami dan untuk mengetahui penerapan sanksi terhadap pelanggaran berbusana islami serta untuk mengetahui hambatan dalam pembinaan yang dilakukan pemerintah kota langsa dalam menegakan berbusana islami.


Untuk penyusunan skripsi ini telah dilakukan penelitian kepustakaan dengan mempelajari buku-buku serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan masalah ini serta penelitian lapangan dengan mewawancarai pihak-pihak yang ada kaitannyan dengan masalah yang diteliti.


Berdasarkan hasil penelitian banyak kalangan muda yang tidak memakai busana islami dikarenakan beberapa factor diantaranya, rendahnya pemahaman agama, adanya anggapan bagi kaum muda kalau pakai baju muslimah tidak modis/ketinggalan zaman, adanya anggapan kalau pakaian muslimah menghavmbat gerakan dalam beraktifitas, kurangnya pengawasan dari orang tua, kurangnya pembinaan dan pengawasan didalam lembaga pendidikan, sanksi yang diterima kalau melanggar tidak berat sehingga tidak ada efek jera, dan kurangnya sosialisasi .


Disarankan kepada pemerinth daerah terutama pemerintah kota langsa untuk dapat pro aktif dalam melaksanakan syariat islam di kota langsa dan bukan setengah-setengah dalam menjalankannya. Disamping itu perlu perran serta orang tua untuk mendidk anak-anaknya yang terutama bagi wanita yang sudah aqil baligh untuk dapat berbusanan yang islami karena itu dapat mencegah orang yang melihatnya menimbulkn syahwat terhadapnya.

Kata kunci : Pelanggaran Busana Islami

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Murniati
Fakultas : Fakultas Hukum
Program.Studi : Ilmu Hukum (2013)
Tanggal disimpan : 15-08-2022 13:55
Terakhir diubah : 16-08-2022 11:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2013
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3194
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!