UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS IV SD NEGERI 3 KOTA LANGSA

Dinda SalsaBilla Br Manalu (2022), UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS IV SD NEGERI 3 KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang hanya menggunakan metode konvensional saja yang cenderung membuat guru kurang kreatif dan inovatif. Sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa lebih cenderung pasif dan tidak aktif dikarenakan siswa merasa jenuh dan bosan.


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining siswa kelas IV SD Negeri 3 Kota Langsa.


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 3 siklus, yang dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan.


Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Kota Langsa dengan jumlah 23 siswa.


Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun jumlah persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM pada siklus I mencapai 62,21% dengan rata-rata 75,21%. Selanjutnya di siklus II meningkat menjadi 69,56% dengan rata-rata 78,69%. Selanjutnya kembali meningkat disiklus III menjadi 95,65% dengan rata-rata 84,78%.


Dari pemaparan tersebut disarankan kepada Ibu Kepala Sekolah dengan senang hati terus membimbing guru untuk menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif.Kepada ibu wali kelas dapat menggunakan berbagai strategi pembelajaran dan lebih mengkreasikan ide-ide cemerlangnya untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.Dan saran untuk siswa yaitu untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan serius dan penuh konsentrasi agar materi yang disampaikan oleh guru lebih mudah dipahami.

Kata kunci : Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dinda SalsaBilla Br Manalu
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 12-08-2022 10:03
Terakhir diubah : 03-09-2022 10:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3188
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!