PENGARUH PERBEDAAN SUHU DI WAKTU YANG BERBEDA TERHADAP OKSIGEN TERLARUT PADA INDOOR HATCHERY

Syauqi adithiya (2022), PENGARUH PERBEDAAN SUHU DI WAKTU YANG BERBEDA TERHADAP OKSIGEN TERLARUT PADA INDOOR HATCHERY. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Hatchery adalah sistem biosecurity berupa sistem pengendalian kualitas air dan kesehatan lingkungan perairan (sistem filtrasi, instalasi ultra violet, carbon filter,biofilter, instalasi pengolehair kontrol, jaringan pipa sistem tertutup (close system), sarana dan kegiatan pemantauan (monitoring) kualitas perairan, sistem kontrol otomatis serta sarana penunjang lainya). Suhu, oksigen terlarut dan pH di perairan merupakan parameter kualitas air yangsangat penting terkait dengan kehidupan organisme perairan.


suhu 30 °C (P1), sementara sisa Wadah yang lainnya disesuaikan dengan suhu ruang (P2 dan P3). Pengukuran  kualitas air seperti pH, suhu dan DO dilakukan setiap 1 jam sekali, 2 jam sekali dan 4 jam sekali selama 7 hari. Untuk mengetahui pengaruh perbedaan suhu di waktu berbeda terhadap oksigen terlarut pada indoor hatchery dilakukan analisis secara deskriptif dalam bentuk grafik.


Dari pengamat yang ambil sempal perairan indoor hatchery bahwa secara umum baik pada suhu 30 °C maupun suhu ruang, nilai DO dan pH pada indoor hatchery tidak berfluktuasi secara signifikan. Hanya saat pengamatan jam 14-16 pada P1 terjadi perubahan baik DO dan pH. Saat DO naik maka pH terlihat menurun. Sementara pada suhu ruang (P2 dan P3) terlihat nilai DO dan pH lebih stabil.

Kata kunci : Oksigen terlarut, suhu, waktu yang berbeda, Indoor Hetchery

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Syauqi adithiya
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2022)
Tanggal disimpan : 03-08-2022 16:21
Terakhir diubah : 11-08-2022 15:26
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3150
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!