USULAN REDESAIN TROLI DENGAN PENDEKATAN ANTROPOMETRI GUNA MEMINIMALKAN MUSCULOKELETAL DISORDERS (MSDS) PADA PEKERJA PELELANGAN IKAN

Lukmanul Hakim (2022), USULAN REDESAIN TROLI DENGAN PENDEKATAN ANTROPOMETRI GUNA MEMINIMALKAN MUSCULOKELETAL DISORDERS (MSDS) PADA PEKERJA PELELANGAN IKAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

UD. Pak Ahmad merupakan salah satu tempat pelelangan ikan yang terletak di kuala langsa.Tujuan penelitian yaitu untuk mengidentifikasi keluhan Musculoskeletal Disorders pada pekerja pelelangan ikan dan usulan redesain troli dengan pendekatan Antropometri. Metode yang dipergunakan adalah Standart Nordic Questionnare (SNQ) untuk melihat titik keluhan pada operator dan Antropometri guna redesain troli yang ergonomis.Sofware yang digunakan adalah SPSS, Autocad, dan Excel.Hasil dan pembahasan, ada 6 titik keluhan yang sangat sakit yaitu bahu kiri, bahu kanan, sikukiri, sikukanan, tangan kiri, tangan kanan. Dimensi yang dipergunakan ada 3 dimensi yaitu lebar bahu, panjang telapak tangan, tinggi siku berdiri.Uji kecukupan data dinyatakan data tersebut cukup,uji keseragaman data dinyatakan seragam. Persentil yang di pergunakan dalam perancangan troli dengan pendekatan Antropometri terdapat dimensi Lebar Bahu (LB) menggunakan persentil 95, Panjang Telapak Tangan (PTT) menggunakan persentil 50, Dan Tinggi Siku Berdiri (TSB) menggunakan persentil 50. Kesimpulan, ada 16 titik keluhan yang agak sakit, 7 titik keluhan sakit dan 6 titik keluhan yang sangat sakit. Redesain troli yang ergonomis lebar yaitu 49,62 ukuran pegangan troli yaitu 17,5 dan tinggi troli yaitu 102,5.

Kata kunci : Antropometri, Dimensi, Musculoskeletal Disorders,Troli, Persentil.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lukmanul Hakim
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2022)
Tanggal disimpan : 22-07-2022 17:03
Terakhir diubah : 25-07-2022 11:25
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3088
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!