IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PROTOZOA PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI TAMBAK INTENSIF KUALA LANGSA

Sri Rahayuni (2022), IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PROTOZOA PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI TAMBAK INTENSIF KUALA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Udang vanamei (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu jenis udang yang sering di budidaya di Indonesia. Salah satu masalah yang di timbulkan akibat intensifikasi budidaya udang adalah penurunan kualitas air. Hal tersebut berdampak pada kemunculan phatogen penyebab penyakit yang salah satunya ektoparasit protozoa yang berujung pada penurunan hasil produksi. Sampel Litopenaeus vannamei diambil dengan menggunakan metode random sampling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis ektoparasit protozoa pada Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) di Tambak Intensif Kuala langsa. Bagian organ Litopenaeus vannamei yang dilihat saat identifikasi meliputi insang, karapas, kaki renang, kaki jalan dan ekor. Hasil identifikasi terdapat 6 genus ektoparasit protozoa yang menginfeksi Litopenaeus vannamei yang terdapat pada tambak intensif Kuala Langsa yaitu Vorticella, Epystylis, Zoothamnium, Trichodina, Ichthyophirius dan Oodinium. Prevalensi tertinggi ialah Zoothamnium yaitu 30% sehingga masuk kedalam kategori umumnya. Pengukuran parameter fisika dan kimia air pada tambak intensif Kuala Langsa berupa suhu dengan nilai 28,1-30,4oC, DO 4,6-5,9, pH 6,9-7,5 dan salinitas dengan nilai 15 ppt.

Kata kunci : Udang vannamei (Litopenaeus vannamei), Ektoparasit Protozoa, Prevalensi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sri Rahayuni
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 22-07-2022 11:18
Terakhir diubah : 08-07-2024 16:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3082
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!