LITERASI SAINS PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS VI SD/MI KURIKULUM 2013 SEMESTER GANJIL DAN GENAP

Eka Nur Sartika (2022), LITERASI SAINS PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS VI SD/MI KURIKULUM 2013 SEMESTER GANJIL DAN GENAP. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemahaman ilmu pengetahuan salah satunya adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sering disebut dengan sains. Pada tingkat sekolah dasar pembelajaran ilmu pengetahuan alam atau sains merupakan salah satu muatan yang memiliki peranan penting dalam pendidikan. Jadi, pentingnya literasi sains pada buku tematik siswa yang digunakan dalam proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ruang aspek literasi sains pada buku tematik siswa kelas VI SD/MI kurikulum 2013.


Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis konten. Objek penelitian adalah buku tema siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis konten menurut dengan tahapan penggandaan data, pengurangan (reduksi) data, infrensi, dan analisis.


Hasil penenitian ini terdapat 4 aspek literasi sains yang  pada buku tematik siswa kelas VI SD kurikulum 2013 semester ganjil dan genap yaitu sanis sebagai batang tubuh pengetahuan (science as a body of knowledge), sains sebagai cara untuk menyelidiki (science as a way of investigating), sains sebagai cara berpikir (science as a way of thinking), interaksi sains, teknologi dan masyarakat (interaction of science, technology, and society


Penelitian ini di harapkan memberikan informasi pada guru mengenai literasi sains yang terdapat pada buku tematik siswa dan menjadi bahan pertimbangan dalam memilih buku teks yang digunakan.

Kata kunci : Literasi, Sains, Buku Teks, Literasi Sains

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Eka Nur Sartika
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 22-07-2022 10:40
Terakhir diubah : 10-08-2022 00:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3080
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!