UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN ASAM JAWA (TAMARINDUS INDICA) SEBAGAI OVISIDA ALAMI TERHADAP TELUR AEDES AEGYPTI VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE

Nadia karina (2022), UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN ASAM JAWA (TAMARINDUS INDICA) SEBAGAI OVISIDA ALAMI TERHADAP TELUR AEDES AEGYPTI VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Aedes aegypti merupakan vektor utama penularan virus dengue ke manusia yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya yaitu demam berdarah dengue (DBD). Provinsi Aceh salah satu daerah endemis DBD, tersebar di kota-kota seperti Banda Aceh, Abdya, Bireun, Nagan Raya, Aceh Jaya dan Langsa. Pengendalian vektor sering dilakukan melalui penggunaan insektisida kimiawi namun dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan resistensi nyamuk, karena residunya tidak dapat diurai dan masuk ke dalam rantai makanan. Maka dari itu diperlukan ovisida alami tumbuhan, salah satunya yaitu daun asam jawa (Tamarindus indica). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas dari ekstrak daun asam jawa (Tamarindus indica) sebagai ovisida alami terhadap telur Aedes aegypti vektor demam berdarah dengue. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 kali pengulangan. pengamatan dilakukan dengan menggunakan konsentrasi 0,5%, 1%, 2%, dan 4%, kontrol negatif (aquadest), dan kontrol positif (larutan bubuk abate) dengan total telur nyamuk 750 butir. Masing-masing pengamatan dilakukan dengan waktu pengamatan 6 jam, 12 jam, 18 jam, 24 jam, 30 jam, 36 jam, 42 jam, 48 jam, 54 jam, 60 jam, 66 jam, dan 72 jam. Analisis data menggunakan analisis anova dengan uji lanjut BNT dan Analisis Probit untuk mengetahui nilai LC50. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun asam jawa (Tamarindus indica) sebagai ovisida alami terhadap telur Aedes aegypti pada setiap konsentrasi memiliki pengaruh terhadap perkembangbiakan telur. Konsentrasi 4 % merupakan konsentrasi yang efektif untuk menghambat daya tetas telur.

Kata kunci : Aedes aegypti, Ekstrak Etanol Daun Asam Jawa, Ovisida

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nadia karina
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 21-07-2022 10:50
Terakhir diubah : 02-11-2022 16:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3066
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!