ANALISIS NILAI TAMBAH ASAM GELUGUR MENJADI ASAM POTONG (STUDI KASUS DESA ALUE DRIEN KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR)

Dinda Sixtiara (2022), ANALISIS NILAI TAMBAH ASAM GELUGUR MENJADI ASAM POTONG (STUDI KASUS DESA ALUE DRIEN KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya keuntungan dan nilai tambah dari asam gelugur menjadi asam potong di Desa Alue Drien Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini dilakukan di Desa Alue Drien Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk menganalisis besarnya keuntungan dan nilai tambah dari asam gelugur menjadi asam potong di Desa Alue Drien Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur menggunakan Metode Analisis Keuntungan dan Metode Hayami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Besarnya penerimaan yang didapat dari hasil penjualan produk asam potong yaitu Rp. 24.000.000. Total biaya yang dikeluarkan selama proses produksi sebesar Rp. 8.985.200. Sehingga diperoleh keuntungan sebesar Rp. 15.014.800. Dan pada olahan asam gelugur menjadi asam potong memberikan nilai tambah, dan didapatkan hasil adanya nilai tambah dengan rasio nilai tambah sebesar 55%. Menurut Kriteria pengujian Hubeis dalam Maulidah dan Kusumawardani (2011) Rasio nilai tambah tinggi apabila memiliki persentase > 40%

Kata kunci : Nilai Tambah, Asam Gelugur

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dinda Sixtiara
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 20-07-2022 16:02
Terakhir diubah : 22-07-2022 03:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3057
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!