STRATEGI BUDIDAYA TALAS BENENG (XANTHOSOMA UNDIPES) ( STUDI KASUS USAHATANI BAPAK LUKMAN DI DESA PADANG LANGGIS KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG )

Sri Maulina (2022), STRATEGI BUDIDAYA TALAS BENENG (XANTHOSOMA UNDIPES) ( STUDI KASUS USAHATANI BAPAK LUKMAN DI DESA PADANG LANGGIS KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG ). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta untuk mengetahui strategi yang harus dilakukan dalam budidaya talas beneng (Xanthosoma undipes) pada usahatani Bapak Lukman Desa Padang Langgis Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Lokasi penelitian di tentukan secara purposive (sengaja). Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam menyusun penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threaths). Hasil inventarisasi faktor strategis internal dan eksternal budidaya talas beneng pada usahatani Bapak Lukman diperoleh hasil; kekuatan terbesar adalah panen dapat direncanakan, kelemahan terberat adalah lamanya masa panen, peluang tertinggi adalah daun talas dapat dijadikan teh dan ancaman terberat adalah harga talas beneng yang fluktuatif. Prioritas strategi budidaya talas beneng pada usahatani Bapak Lukman dari hasil analisis dengan menggunakan matriks QSPM terhadap empat alternatif strategi yang telah diperoleh pada tahap pencocokan yaitu; Menambah informasi pasar, memilih saluran pemasaran yang paling efisien untuk menghindari kerugian akibat fluktuasi harga.

Kata kunci : Talas Beneng, SWOT dan Strategi Budidaya

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sri Maulina
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 20-07-2022 14:15
Terakhir diubah : 14-08-2022 23:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3055
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!