PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PETANI PINANG KERING (ARECA CATECHU L.) DI KAMPUNG WONO SARI KECAMATAN TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG

Elsa evita (2022), PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PETANI PINANG KERING (ARECA CATECHU L.) DI KAMPUNG WONO SARI KECAMATAN TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor sosial ekonomi terhadap pendapatan petani pinang kering (Areca catechu L.) di Kampung Wono Sari Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Metode sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 petani pinang kering di Kampung Wono Sari Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pendapatan Petani Pinang Kering (Areca catechu L.) di Kampung Wono Sari Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang digunakan analisis statistik dengan metode regresi linier berganda. Pengolahan data dilakukan menggunakan software komputer SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan lain berpengaruh nyata terhadap pendapatan Petani Pinang Kering (Areca catechu L.) di Kampung Wono Sari Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang. dan variabel tempat tinggal dan jabatan dalam masyarakat tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan Petani Pinang Kering (Areca catechu L.) di Kampung Wono Sari Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang.

Kata kunci : Sosial Ekonomi, Pendapatan, Petani Pinang kering

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Elsa evita
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 19-07-2022 12:15
Terakhir diubah : 26-07-2022 18:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3032
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!