ANALISIS KUAT TEKAN BEBAS (UCS) TANAH ORGANIK YANG DISTABILISASI DENGAN ABU AMPAS TEBU DAN LIMBAH KARBIT/CALCIUM CARBID RESIDU (CCR)

DIAN SYAHPUTRA (2022), ANALISIS KUAT TEKAN BEBAS (UCS) TANAH ORGANIK YANG DISTABILISASI DENGAN ABU AMPAS TEBU DAN LIMBAH KARBIT/CALCIUM CARBID RESIDU (CCR). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 


Pembangunan infrastruktur banyak didapati dengan kondisi yang tidak sesuai dengan rencana, seperti kondisi geoteknik tanah yang kurang baik menyebabkan penurunan bahkan keruntuhan. Berdasarkan studi kasus yang dilaksanakan di salah satu daerah Kota Langsa, tepatnya pada Gampong Alue Dua, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa terdapat banyak sekali tanah organik sisa-sisa dari pembusukan pohon mangrove yang dapat menimbulkan kerusakan seperti runtuhnya suatu konstruksi. Menstabilisasi tanah merupakan salah satu upaya dalam menghadapi kondisi tersebut, dengan mempertimbangkan keadaan dan juga jenis tanah. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui sifat-sifat fisik tanah organik, mengetahui pengaruh bahan kimia, dan membandingkan kuat tekan bebas pada tanah asli dan tanah yang di stabilisasi. Pada penelitian ini, stabilisasi tanah organik dilakukan menggunakan abu ampas tebu dan limbah karbit. Penelitian ini dimulai dengan melakukan pengambilan sampel tanah organic, mempersiapkan abu limbah ampas tebu yang lolos saringan No. 40, dan mempersiapkan limbah karbit yang diperoleh dari sisa pembakaran gas Acetyline. Sampel tanah terdiri dari 2 variasi campuran abu ampas tebu dan limbah karbit. Dengan kadar limbah karbit sebesar 8% dan abu ampas tebu sebesar 30% dan 40%, dalam hari pemeraman yang berbeda-beda yaitu 0, 7, 14, 21, dan 28 hari. Kesimpulan pada penelitian ini ialah bahwa hasil pengujian didapat kadar air tanah asli sebesar 60,3% serta untuk pengujian kuat tekan bebas tanah menggunakan  abu ampas tebu dan limbah karbit efektif meningkatkan kekuatan dengan komposisi 52% (Tanah Organik) + 40% (Abu Ampas Tebu) + 8% (Limbah Karbit) dengan nilai kuat tekan bebas sebesar 1,52 kg/cm². Hal ini menunjukkan bahwa abu ampas tebu dan limbah karbit berpengaruh terhadap nilai kuat tekan bebas tanah organik.

Kata kunci : Stabilisasi tanah, tanah organik, ampas tebu, limbah karbit, kuat tekan bebas.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DIAN SYAHPUTRA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2022)
Tanggal disimpan : 19-07-2022 10:39
Terakhir diubah : 20-07-2022 11:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3029
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!