ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA UDANG VANAME (LITOPENAEUS VANNAMEI) SISTEM INTENSIF (STUDI KASUS : USAHA TAMBAK PAK BOY DI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG)

Mukhlis Maulana (2022), ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA UDANG VANAME (LITOPENAEUS VANNAMEI) SISTEM INTENSIF (STUDI KASUS : USAHA TAMBAK PAK BOY DI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar biaya investasi, total biaya produksi dan pendapatan usaha budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei) sistem intensif dan untuk mengetahui studi kelayakan usaha budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei) sistem intensif (Studi Kasus : Usaha Tambak Pak Boy di Kecamatan Seruway Kabupaten  Aceh Tamiang) dilihat dari Break Even Point (BEP), Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C Ratio), Payback Period  (PP) dan Internal Rate of Return (IRR). Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus  dan dilakukan pada usaha budidaya udang vaname sistem intensif di Usaha Tambak Pak Boy yang terletak di Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini dilakukan dengan sengaja (purposive sampling). Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel atau sumber data dengan pertimbangan tertentu yaitu orang yang sangat memahami kondisi Usaha Tambak Pak Boy. Subjek dari penelitian ini sebagai narasumber yaitu Pak Boy selaku pemilik dari Usaha. Terdapat dua metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan usaha budidaya udang vaname sistem intensif ini yaitu analisis pendapatan dan analisis kelayakan usaha. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu ; 1) Biaya investasi Usaha Tambak Pak Boy adalah sebesar Rp. 3.216.800.000,-. Total biaya produksi dalam satu tahun adalah sebesar Rp. 4.589.387.000,-. Total Pendapatan dalam satu tahun adalah sebesar Rp. 5.289.922.000,-. 2) BEP produksi adalah sebesar 75.889 Kg dan produksi yang dihasilkan Usaha Tambak Pak Boy melampaui nilai BEP produksi yaitu sebesar 134.592 Kg, BEP harga sebesar Rp34.099,00 dan rata rata harga jual udang vaname melampui nilai BEP Harga yaitu sebesar Rp60.475,00, Net B/C ratio yang diperoleh sebesar 6,9 lebih besar dari 1, Payback period adalah 0,6 tahun, NPV yang diperoleh adalah sebesar 19.066.275.861 lebih besar dari 0, IRR yang diperoleh sebesar 163,14% lebih besar dari suku bunga yang ditetapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha budidaya udang vaname sistem intensif di Tambak Pak Boy layak untuk dijalankan.


 


 


 

Kata kunci : Udang Vaname, Analisis pendapatan, Studi Kelayakan Usaha, Usaha Tambak Pak Boy

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mukhlis Maulana
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 18-07-2022 16:16
Terakhir diubah : 19-07-2022 10:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3023
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!