ANALISIS KELAYAKAN USAHA PETERNAKAN PUYUH PETELUR (COTURNIX COTURNIX JAPONICA) DI DESA ASAM PEUTIK KECAMATAN LANGSA LAMA (STUDI KASUS : USAHA PETERNAKAN PUYUH PETELUR IBU JUMIANI)

Sinta Dewi (2022), ANALISIS KELAYAKAN USAHA PETERNAKAN PUYUH PETELUR (COTURNIX COTURNIX JAPONICA) DI DESA ASAM PEUTIK KECAMATAN LANGSA LAMA (STUDI KASUS : USAHA PETERNAKAN PUYUH PETELUR IBU JUMIANI). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan usaha peternakan puyuh petelur Ibu Jumiani di Desa Asam Peutik Kecamatan Langsa Lama. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 1 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui kelayakan usaha peternakan puyuh petelur ibu Jumiani di Desa Asam Peutik Kecamatan Langsa dilakukan menggunakan analisis kelayakan yaitu Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP) dan R/C Ratio. Hasil penelitian ini memperoleh nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp53.848.834 dengan kriteria NPV > 0 maka usaha tersebut layak. Internal Rate Return (IRR) 54,22% dengan kriteria IRR > DR (6%) maka usaha layak untuk dijalankan. R/C Ratio sebesar Rp2,98 dengan kriteria R/C Ratio > 1 maka usaha layak dijalankan. Dari ketiga perhitungan analisis kelayakan menunjukkan hasil usaha peternakan puyuh petelur Ibu Jumiani di Desa Asam Peutik Kecamatan Langsa Lama layak untuk diusahakan dan Payback Period (PP) 0,3 tahun atau 3,5 bulan yaitu lebih kecil dari umur proyek 1,5 tahun atau 18 bulan yang artinya dalam jangka waktu 0,3 tahun atau 3,5 bulan usaha tersebut mampu mengembalikan biaya investasi sebelum waktu produktif usaha tersebut.

Kata kunci : Kelayakan, Puyuh Petelur

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sinta Dewi
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 18-07-2022 15:00
Terakhir diubah : 22-07-2022 16:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3022
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!