ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI LHOKBANIE PUSONG KOTA LANGSA

Siska Rahayu (2022), ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI LHOKBANIE PUSONG KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Soal pemecahan masalah matematika yang dikerjakan siswa memuat permasalahan kontekstual dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IV a Sekolah Dasar Negeri Lhokbanie Pusong Kota Langsa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten atau isi. Subjek penelitian ini adalah soal pemecahan masalah dan lembar jawaban siswa sedangkan objek penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Dalam teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek dianalisis dengan menggunakan teori Newman’s Error Analysis, yang terdiri dari kesalahan dalam membaca soal, kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam proses transformasi, kesalahan dalam keterampilan proses dan juga kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Dari hasil penelitian ini diharapkan nantinya guru dapat membuat soal pemecahan masalah matematika yang teliti dengan bahasa yang lebih komunikatif dan sistematis.


 

Kata kunci : Analisis, Kesalahan Siswa, Pemecahan Masalah, Soal

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Siska Rahayu
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 18-07-2022 10:49
Terakhir diubah : 21-11-2022 14:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3017
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!