IMPLEMENTASI SPEECH RECOGNITION PADA APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING

Muhammad Nazir Syafwan (2022), IMPLEMENTASI SPEECH RECOGNITION PADA APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Masyarakat yang ingin mempelajari bahasa Inggris harus melalui pertemuan tatap muka serta menempuh jarak yang jauh dan menguras biaya. Beberapa media pembelajaran menggunakan web, desktop, dan mobile namun memerlukan jaringan internet untuk dapat diakses, kurangnya sebuah media pembelajaran bahasa Inggris terutama dibidang pengolahan suara menjadi teks. Sehingga dikembangkan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang menggunakan speech recognition. Untuk mengetahui tingkat akurasi output teks yang didapat menggunakan metode Natural Language Processing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Natural Language Processing, yang memiliki proses pengolahan kemunculan kata untuk mengetahui dan memahami bagaimana kata yang benar. Untuk dapat mengembangkan speech recognition mengubah suara ke teks maka digunakan metode Natural Language Processing. Penelitian ini menggunakan beberapa skenario percobaan untuk mendapatkan akurasi yang terbaik diantaranya melakukan pengujian pada kondisi ruangan sepi dan bising dengan 5 kali percobaan pada jara 5 cm sampai dengan 25 cm. Hasil penelitian ini menunjukkan pada saat melakukan pengujian dengan kondisi ruangan sepi mendapatkan hasil rata-rata 75,8% sedangkan pengujian dengan kondisi ruangan bising mendapatkan hasil rata 58,3%. Kemudian melakukan pengujian dengan inputan suara pengguna yang berbeda-beda dengan jarak 5 cm mendapatkan hasil rata-rata 95,8%. Selanjutnya melakukan pengujian berdasarkan kata mendapatkan hasil rata-rata 76,6%. Serta pengujian menggunakan aksen United States America tingkat keberhasilannya 100% dan British 79,2%.

Kata kunci : Bahasa Inggris, Speech Recognition, Natural Language Processing

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Nazir Syafwan
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2022)
Tanggal disimpan : 15-07-2022 10:18
Terakhir diubah : 29-07-2022 04:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3009
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!