PENGARUH PERBEDAAN VARIETAS DAN JENIS PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.)

Maulida (2022), PENGARUH PERBEDAAN VARIETAS DAN JENIS PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

     Maulida, “Pengaruh Perbedaan Varietas dan Jenis Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L)” dibawah bimbingan Ibu Dr. Ir. Cut Mulyani, MP selaku dosen pembimbing utama danBapak Dr. Iswahyudi, SP., M.Si selaku dosen pembimbing anggota.


       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan varietas dan jenis pupuk organik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah serta untuk mengetahui interaksi antara keduanya. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Baroeh Langsa Lama, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa. Waktu penelitian selama 4 bulan yang dimulai dari bulan September sampai dengan bulan Desember 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial, yang terdiri dari 2 faktor, yaitu: faktor perbedaan varietas dengan notasi (V) yang terdiri dari 3 taraf (V1 : Varietas Sanren, V2 : Varietas Lokananta, V3 : Varietas Bima Brebes).  Adapun faktor ke 2 yaitu jenis pupuk organik dengan notasi (P) yang terdiri dari 3 taraf (P1: Pupuk Bioneensis, P2: Pupuk Cap 3 Kelapa, P3:  Pupuk  Kandang Ayam).


        Parameter yang diamati dalam penelitian ini antara lain: tinggi tanaman dan jumlah daun umur 15, 30, 45 dan 60 HST, jumlah umbi per tanaman sampel, berat umbi segar per tanaman sampel dan per plot, berat umbi kering per tanaman sampel dan per plot.


       Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perbedaan varietas bawang merah berpengaruh sangat nyata terhadap  parameter tinggi tanaman dan jumlah daun umur 15, 30, 45, dan 60  HST, jumlah umbi pertanaman sampel, berat  umbi segar per sampel dan per plot, serta berat umbi kering per sampel dan per plot. Hasil terbaik di peroleh pada perlakuan V₃ ( Varietas Bima Brebes).


       Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jenis pupuk organik berpengaruh sangat nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 30 HST. Berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 15, 45 dan 60 HST dan berat umbi kering per sampel dan berpengaruh tidak nyata  terhadap jumlah daun umur ( 15, 30, 45, 60 HST), jumlah umbi, berat segar umbi per sampel dan per plot serta berat umbi kering per plot. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan P3 (Pupuk Kandang Ayam).


      Tidak terdapat interaksi antara perbedaan varietas bawang merah dan jenis pupuk organik yang digunakan terhadap seluruh parameter penelitian yang diamati.

Kata kunci : Bawang merah, Varietas, Pupuk Organik,

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Maulida
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 14-07-2022 10:36
Terakhir diubah : 21-07-2022 15:37
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2999
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!