PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK ORGANIK CAP 3 KELAPA DAN BERBAGAI JENIS MULSA ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA L.)

Hardianti Nur (2022), PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK ORGANIK CAP 3 KELAPA DAN BERBAGAI JENIS MULSA ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA L.) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan produksi tanaman kacang hijau dengan pemberian dosis pupuk organik cap 3 kelapa dan berbagai jenis mulsa organik, serta mengetahui interaksi  antara pemberian dosis pupuk organik cap 3 kelapa dan berbagai jenis mulsa organik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang hijau. Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra Langsa, pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2021. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) pola factorial yang terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor dosis pupuk organik cap 3 kelapa dengan notasi (D) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : D₁ = 0,81 kg/plot (10 ton/ha), Dâ‚‚ = 1,21 kg/plot (15 ton/ha), dan D₃ = 1,62 kg/plot (20 ton/ha). Faktor Jenis Mulsa Organik  dengan notasi (M) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : M₁ = Ampas tebu, Mâ‚‚ = Tandan Kosong Kelapa Sawit, dan M₃ = Jerami Padi. Parameter  yang diamati antara lain tinggi tanaman (cm), jumlah cabang, jumlah polong per tanaman, jumlah polong perplot, berat 100 biji (gr) dan produksi per Ha (ton). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pupuk organik cap 3 kelapa berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman kacang hijau umur 4, 5 dan 6 MST, Jumlah Polong per Plot dan Berat 100 biji (gr). Hasil terbaik yaitu didapatkan pada perlakuan D₃ = 1,62 kg/plot (20 ton/ha). Pemberian jenis mulsa organik memberikan pengaruh nyata pada parameter Jumlah Polong per Plot dan Berat 100 biji (gr). Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan jenis mulsa organik jerami padi yaitu M₃. Interaksi dosis pupuk organik cap 3 kelapa dengan berbagai jenis mulsa organik memberikan pengaruh sangat nyata terhadap parameter tinggi tanaman kacang hijau umur 4, 5 dan 6 MST dan berpengaruh nyata pada berat 100 biji (gr). Interkasi terbaik diperoleh pada kombinasi perlakuan dosis pupuk organik cap 3 kelapa 1,62 kg/plot dan mulsa jerami padi (D₃M₃). Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk mendapatkan pertumbuhan dan produksi yang baik dari kacang hijau varietas vima 2, disarankan menggunakan dosis pupuk organik cap 3 kelapa 1,62 kg/plot (D₃) dengan mulsa jerami padi (M₃), dan di dukung oleh faktor lingkungan yang sesuai dalam budidaya tanaman kacang hijau.


 

Kata kunci : Kacang hijau, Pupuk Organik, Mulsa Organik

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Hardianti Nur
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 13-07-2022 11:36
Terakhir diubah : 02-08-2022 11:19
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2997
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!