IMPLEMENTASI KOMUNIKASI M2M (MACHINE TO MACHINE) DAN IOT (INTERNET OF THINGS) PADA SISTEM KONTROL DAN MONITORING PERAWATAN TANAMAN HIDROPONIK

Rispani Himilda (2022), IMPLEMENTASI KOMUNIKASI M2M (MACHINE TO MACHINE) DAN IOT (INTERNET OF THINGS) PADA SISTEM KONTROL DAN MONITORING PERAWATAN TANAMAN HIDROPONIK. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pertanian hidroponik adalah cara merawatnya, perawatan yang baik dengan memastikan sirkulasi atau penyiraman tanaman dan pemberian nutrisi tepat pada waktunya serta selalu melakukan pemantaun agar kadar pH dan suhu pada air tanaman hidroponik sesuai dengan kebutuhan. Kesibukan manusia sering  membuat mereka lupa dan tidak konsisten merawat tanaman hidroponik sehingga hasilnya tidak maksimal. Oleh karena itu penulis ingin membuat sistem yang dapat mengendalikan dan memonitoring perawatan tanaman hidroponik. Sistem ini dilengkapi dengan komunikasi M2M (Machine to Machine) dan IoT (Internet of Things) yang membuat perawatan tanaman hidroponik dapat dikendalikan dan dipantau secara realtime melalui aplikasi di smartphone. Berdasarkan hasil pengujian, akurasi yang dimiliki sensor TDS (SEN0244) sebesar 78.00%, sensor pH (SEN0161) sebesar 81.29% dan sensor suhu (DS1820) sebesar 98.93%, rata-rata delay pada pompa air menyala secara otomatis sebesar 1,35 detik, rata-rata delay pada pompa air menyala secara manual sebesar 28 milidetik, rata-rata delay pada pompa nutrisi menyala secara otomatis sebesar 92 milidetik, serta rata-rata delay pada pompa nutrisi menyala secara manual sebesar 21 milidetik dengan tingkat keberhasil pompa air dan nutrisi menyala sebesar 100%.

Kata kunci : Pengendalian dan Pemantau Hidroponik, Machine to Machine, Internet of Things.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rispani Himilda
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2022)
Tanggal disimpan : 08-07-2022 21:42
Terakhir diubah : 01-08-2022 01:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2990
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!