PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) (STUDI KASUS : IKM JAMUR MERANG, GEDUBANG JAWA)

Risdawati (2022), PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) (STUDI KASUS : IKM JAMUR MERANG, GEDUBANG JAWA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Industri Kecil Menengah (IKM) Jamur Merang merupakan salah satu usaha yang memproduksi jamur merang atau yang biasa disebut Jamur Sawit yang berlokasi di gedubang jawa, Kota Langsa, yang didirikan pada tahun 2016. Permasalahan IKM Jamur Merang adalah pengelolahan supply chain, yaitu keterlambatan dalam pengiriman bibit dari pihak supplier, jadwal produksi yang terhambat,  pengiriman produk jadi ke retailer tidak terjadwal dan ketidakpastian permintaan konsumen, yang berdampak pada tingkat efektifitas dan efisiensi bisnisnya.Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi dan menghitung total kinerja rantai pasok di  IKM Jamur Merang.. Metode yang digunakan adalah metode Analitycal Hierarchy Proces (AHP) dan Supply Chain Operation Reference (SCOR). Berdasarkan hasil perhitungan Hasil yang di peroleh dari pengolahan data IKM Jamur Merang didapatkan nilai kinerja untuk bisnis proses make 19,3325, Deliver dengan nilai 12,7537, Return dengan nilai 11,7205, source dengan nilai 4,2776, dan plan dengan nilai 3,5391. Dengan total kinerja supply chain di IKM Jamur Merang adalah 51,6234. Kesimpulan dalam penelitian ini, menentukan bobot masing-masing kriteria dengan menetukan bobot level 1, menghitung rata-rata,matriks berpasangan, matriks normalisasi, pembobotan matriks normalisasi, menghitung rasio konsistensi, menghitung konsistensi Vektor, dan  penentuan bobot level 2 dan menentukan total kinerja Supply Chain pada IKM Jamur Merang dengan melakukan pembobotan tingkat kepentingan tiap level menggunakan Analitycal Hierarchy Proces (AHP), menunjukkan tingkatan kinerja pada average.

Kata kunci : Analytical Hierarchy Process (AHP), Key Performance Indicator (KPI) , Supply Chain Operation Reference (SCOR)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Risdawati
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2022)
Tanggal disimpan : 08-07-2022 17:16
Terakhir diubah : 20-09-2022 22:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2986
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!