ANALISIS KECUKUPAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) BERDASARKAN RENCANA DETAIL TATA RUANG KOTA SIBOLGA

Romaito Simatupang (2022), ANALISIS KECUKUPAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) BERDASARKAN RENCANA DETAIL TATA RUANG KOTA SIBOLGA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Romaito Simatupang. “Analisis Kecukupan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Berdasarkan Rencana Detail Tata Ruang Kota Sibolga” di bimbing oleh Bapak Dr. Iswahyudi, S.P, M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Boy Riza Juanda, S.P., M.P. sebagai Pembimbing Anggota.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Ruang Terbuka Hjau (RTH) Eksisting di Kota Sibolga, menganalisis kecukupan Ruang Terbuka Hijau di Kota Sibolga berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk dan membuat rekomendasi pengembangan Ruang Terbuka Hijau di Kota Sibolga. Penelitian ini dilakukan di Kota Sibolga yang dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2021. 


Penelitian ini dilakukan dalam empat tahapan, yaitu: persiapan, penumpulan data, analisis data dan rekomendasi. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis spasial tutupan lahan. Untuk mengetahui kebutuhan Ruang Terbuka Hijau dihitung berdasarkan kebutuhan RTH berdasarkan jumlah penduduk dan kebutuhan RTH berdasarkan luas wilayah.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa RTH eksisting di Kota Sibolga seluas 132, 607 Ha menyebar di 30 titik dan belum mencukupi 30% dari luas wilayah. Adapun tutupan lahan terdiri atas Ruang Terbuka Hijau, Lahan Terbangun, Lahan Bervegetasi dan Badan Air. Sesuai dengan UU No. 6 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, kebutuhan RTH di Kota Sibolga berdasarkan luas wilayah adalah 323,1 Ha (30%). Adapun berdasarkan jumlah penduduk, kebutuhan RTH Kota Sibolga sebesar 180,05 Ha. Hasil analisis strategi untuk menyusun rekomendasi pengembangan RTH Kota Sibolga menggunakan analisis SWOT yang menunjukkan bahwa, diagram SWOT terdapat pada sel 1 yang menggambarkan kekuatan dan peluang merupakan strategi agresif yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan RTH di Kota Sibolga dengan adanya kolaborasi sinergitas pentahelix antar stakeholder yang ada di Kota Sibolga.

Kata kunci : analisis, ruang terbuka hijau, penduduk, wilayah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Romaito Simatupang
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 07-07-2022 11:21
Terakhir diubah : 19-07-2022 23:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2956
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!