PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BIOSKOP CYMATICS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 1 TANJUNGBALAI

Armelia Yuniani (2022), PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BIOSKOP CYMATICS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 1 TANJUNGBALAI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kurang aktifnya siswa dan kesulitan guru dalam menyampaikan konsep materi fisika yang dianggap sulit oleh siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penggunaan media pembelajaran yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Alat Peraga Bioskop Cymatics sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Gelombang Bunyi untuk mengukur respon dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini mengadopsi konsep penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model 4D. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas XI IA 5 berjumlah 31 orang. Pengujian lapangan menggunakan metode Eksperimen Pre Experimental designs One-Shot Case Study. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan menggunakan Angket kuesioner skala likert dengan teknik analisis data deskripstif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari validasi ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran Bioskop Cymatics dapat dikatakan sangat layak sesuai dengan indikator kelayakan media dan materi. Hasil uji coba terbatas menunjukkan : (1) Respon siswa terhadap media Bioskop Cymatics Sangat Baik dengan rata-rata 84,13% (2) Sikap Ilmiah siswa terhadap media Bioskop Cymatics meningkat dengan rata-rata 82,36%.

Kata kunci : Alat Peraga, Gelombang Bunyi, Cymatics, Respon Siswa, Sikap Ilmiah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Armelia Yuniani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 04-07-2022 21:29
Terakhir diubah : 23-08-2022 15:28
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2933
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!