PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP COMMUNICATION SKILL DAN COLLABORATION SKILL SISWA SMP NEGERI 5 LANGSA

Nurdi (2022), PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP COMMUNICATION SKILL DAN COLLABORATION SKILL SISWA SMP NEGERI 5 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Communication skill dan Collaboration Skill merupakan keterampilan yang termasuk kedalam 21st Century Skill. Kedua keterampilan tersebut dituntut untuk dimiliki setiap siswa demi menghadapi tantangan abad 21. Model pembelajaran yang tepat untuk mencapai keterampilan tersebut salah satunya Model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Project Based Learning terhadap Communication skill dan Collaboration Skill. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini, yaitu metode eksperimen dengan disain Pre-experimental Design. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 27 siswa kelas VIII dengan menerapkan Teknik Pureposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang telah tervalidasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh adanya pengaruh PjBL terhadap Communication skill dan Collaboration Skill siswa. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan taraf signifikansi 0.00 < α 0.05. Adapaun capaian akhir Communication Skill untuk setiap indikatornya adalah: (1). Mengemukakan informasi dan gagsan 72,22% dengan kategori baik; (2). Bertanya atau menanggapi pertanyaan 73,63% dengan kategori baik; (3). Menggali informasi dan data yang diperlukan 75% dengan kategori baik; dan (4). Penggunaan bahsa 81,48 % dengan kategori  sangat baik. Sedangkan capaian akhir Collaboration Skill untuk setiap indikatornya adalah: (1). Kontribusi sebesar 70,68% dengan kategori baik; (2). Manejemen waktu sebesar 75% dengan kategori Baik; (3). Bekerja sama dengan kelompok 79,17% dengan kategori Baik; dan (4). Pemecahan masalah sebesar 65,74% dengan kategori Baik. Rata-rata persentase kedua variabel tersebut termasuk dalam kategori baik. Kemudian ditemukan hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut, hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi, yaitu sebesar 0.776 yang termasuk dalam kategori tinggi.

Kata kunci : Communication skill, Collaboration skill, Project Based Learning

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurdi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 04-07-2022 16:39
Terakhir diubah : 13-07-2022 11:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2932
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!