HUBUNGAN BERAT BADAN DAN KELINCAHAN DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA KELOMPOK USIA 17-18 TAHUN DI TIM FUTSAL IRHASINDO LANGSA

Iqbal afif revaldi (2022), HUBUNGAN BERAT BADAN DAN KELINCAHAN DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA KELOMPOK USIA 17-18 TAHUN DI TIM FUTSAL IRHASINDO LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Berdasarkan observasi atau pengamatan secara langsung pada pemain futsal tim Irhasindo Langsa, peneliti menjumpai banyak pemain yang kurang baik dalam melakukan teknik menggiring bola, hal tersebut terlihat jelas ketika melakukan gerakan menggiring bola masih sering terlepas dan tidak terkontrol dengan baik akibatnya bola sangat mudah diambil oleh lawan. Hal ini tersebut diasumsikan dipengaruhi oleh kondisi fisik, yakni kelincahan dan berat badan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara berat badan dan kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola permainan futsal pada kelompok usia 17-18 tahun di tim futsal Irhasindo Langsa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh atau jumlah sampel berdasarkan jumlah populasi yang berjumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah timbangan berat badan manual, tes illonis agility run test, dan tes keterampilan menggiring bola. Data yang diperoleh melalui pengukuran dengan instrumen penelitian dianalisis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: terdapat hubungan yang signifikan antara berat badan (X1) dengan keterampilan menggiring bola (Y) dengan nilai rhitung (0.917), terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan (X2) dengan keterampilan menggiring bola (Y) dengan nilai rhitung (0.977), dan terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara berat badan (X1) dan kelincahan (X2) dengan keterampilan menggiring bola (Y) dengan nilai rhitung (0.977).

Kata kunci : Kelincahan, Berat badan, Keterampilan menggiring bola

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Iqbal afif revaldi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Olah Raga (2022)
Tanggal disimpan : 30-06-2022 12:03
Terakhir diubah : 16-09-2022 07:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2919
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!