ANALISIS KEMAMPUAN SMASH VOLI SISWA SMP NEGERI 6 LANGSA TAHUN 2021

Wahyu sanjaya (2022), ANALISIS KEMAMPUAN SMASH VOLI SISWA SMP NEGERI 6 LANGSA TAHUN 2021 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Smash atau biasa pula disebut dengan serangan merupakan suatu bentuk pukulan permainan yang sangat berperan dalam bermain bola voli, oleh karena teknik ini paling efektif untuk mematikan pertahanan lawan atau mematikan bola dilapangan lawan dan sekaligus untuk dapat meraih point. Oleh sebab itu teknik smash sangat perlu dikuasai oleh seorang pemain bola voli, sebab regu yang memiliki smasher yang baik mempunyai peluang yang besar untuk memenangkan permainan dalam suatu pertandingan. Untuk dapat memiliki kemampuan smash bola voli yang baik.


Tujuan penelitian ini adalah untuk Kemampuan Smash Voli Pada Siswa SMP Negeri 6 Langsa tahun 2021. Metoe penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian yaitu 20 siswa kelas VIII pada siswa SMP Negeri 6 Langsa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan smash.


Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kemampuan smash voli pada siswa SMP Negeri 6 Langsa tahun 2021 termasuk kategori sedang dengan rincian sebanyak 2 orang 10% kategori baik, 11 siswa dalam kategori sedang dan 7 siswa atau 35% dalam kategori kurang. Hal ini disebabkan beberapa kesalahan yang dilakukan siswa saat akan melakukan smash, seperti tolakan lompatan, impact dan pendaratan.


Disarankan siswa menerapkan teori dan langkah-langkah dalam melakukan smash seperti yang sudah dijelaskan oleh guru bidang studi agar dapat meningkatkan hasil belajar smash dan mampu meningkatkan prestasi cabang olahraga bola voli di Indonesia. Guru bidang studi agar memberikan pelatihan tentang cara melakukan smash dengan metode yang menarik sehingga kegiatan lebih menyenangkan. Untuk sekolah agar melengkapi sarana dan prasarana olahraga bola voli agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.


 

Kata kunci : Analisis, Kemampuan, Smash

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wahyu sanjaya
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Olah Raga (2022)
Tanggal disimpan : 28-06-2022 16:25
Terakhir diubah : 19-09-2022 12:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2911
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!