PEMANFAATAN ENERGI SURYA BERBASIS SOLAR CELL SEBAGAI CHARGER HANDPHONE MENGGUNAKAN PCM (PHASE CHANGE MATERIAL) DALAM UPAYA GREEN KAMPUS

Khairuddin (2022), PEMANFAATAN ENERGI SURYA BERBASIS SOLAR CELL SEBAGAI CHARGER HANDPHONE MENGGUNAKAN PCM (PHASE CHANGE MATERIAL) DALAM UPAYA GREEN KAMPUS. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Energi merupakan kebutuhan dasar manusia yang terus meningkat sejalan dengan tingkat kehidupannya. Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya, Berbagai program telah diterapkan oleh pemerintah Indonesia untuk membawa masyarakat untuk menciptakan sebuah energi baru, salah satunya merupakan energi terbarukan. Energi terbarukan yang akan diterapkan adalah energi surya, Pemanfaatan energi surya dapat dilakukan untuk berbagai hal, sepeti untuk penerangan, pengeringan, pengecasan dan lain sebagainya. Dalam hal ini energi surya pada penelitian ini akan dimanfaatkan sebagai sistem pengecasan atau charger handphone. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu alat yang dapat memanfaatkan energi surya dan memanfaatkan daya listrik dari energi surya sebagai charger handphone di lingkungan kampus serta mendapatkan perbedaan energi listrik yang dihasilkan solar cell dengan menggunakan PCM. Setelah dilakukan pengujian maka didapat energi listrik yang dihasilkan dari solar cell untuk pengecasan handpone membutuhkan waktu pengisian selama 3 jam untuk mendapatkan 100%. Dengan tegangan rata-rata 4,385 v dan arus rata rata 796,25 mA. Sehingga mampu mengisi baterai handpone dalam upaya mengurangi penggunaan listrik PLN. Pada Penelitian ini menggunakan dua variasi pengujian yang berbeda, yaitu dengan menggunakan PCM dan tanpa menggunakan PCM. Arus dan temperatur terbaik didapatkan saat solar cell di uji dengan menggunakan PCM.

Kata kunci : Solar cell, PCM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Khairuddin
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Mesin (2022)
Tanggal disimpan : 28-06-2022 11:33
Terakhir diubah : 09-11-2022 15:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2908
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!