PERSEPSI ORANG TUA SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PALUH MANIS KECAMATAN GEBANG KABUPATEN LANGKAT

Khairunisa hidayati (2021), PERSEPSI ORANG TUA SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PALUH MANIS KECAMATAN GEBANG KABUPATEN LANGKAT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Keputusan pemerintah meliburkan seluruh aktivitas pendidikan, membuat pemerintah dan lembaga pendidikan terkait harus memberikan alternatif dan inovasi proses pendidikan bagi peserta didik yang tidak bisa melaksanakan proses pendidikan langsung di lembaga pendidikan, salah satu bentuk inovasi tersebut ialah dengan melakukan kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh, guna mencegah penularan virus covid-19.Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi orang tua siswa dan seberapa besar persepsi orang tua siswa tingkat sekolah menengah pertama pada pembelajaran jarak jauh terhadap aktivitas belajar siswa dimasa pandemi covid-19 di Desa Paluh Manis Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilakukan di Desa Paluh Manis Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat. Populasi penelitian ini yaitu seluruh masyarakat Desa Paluh Manis Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat yang berjumlah 600 KK. Sampel dalam penelitian ini yaitu 10% dari populasi sebanyak 60 Kepala keluarga (Kk). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan berupa metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket.Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi orang tua siswa tingkat sekolah menengah pertama pada pembelajaran jarak jauh terhadap aktivitas belajar siswa dimasa pandemi covid-19 di Desa Paluh Manis Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat sebesar 55,25%. Besar persepsi orang tua siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama pada pembelajaran jarak jauh terhadap aktivitas belajar siswa dimasa pandemi covid-19 sebanyak 36,5% menjawab setuju dan 11,5% menjawab tidak setuju. Hal tersebut dikarenakan adanya dampak yang dirasakan siswa pada proses pembelajaran jarak jauh yaitu siswa belajar tanpa didampingi oleh guru, dan sarana dan prasarana seperti belajar disekolah, sehingga belajar dinilai kurang efektif.Saran bagi pihak sekolah terutama guru perlu dilatih menyesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh, mulai dari pengembangan bahan ajar yang menyenangkan bagi peserta didik sampai kepada penanaman nilai-nilai karakter dengan melibatkan orang tua anak dirumah.

Kata kunci : Persepsi, Aktivitas Belajar, Pandemi, Covid-19

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Khairunisa hidayati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 09-06-2022 10:40
Terakhir diubah : 18-06-2022 13:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2826
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!