MEKANISME PENGISIAN JABATAN TUHA PEUT GAMPONG PAYA BUJUK TEUNGOH MENURUT QANUN KOTA LANGSA NOMOR 12 TAHUN 2018

Yoki Oktari (2022), MEKANISME PENGISIAN JABATAN TUHA PEUT GAMPONG PAYA BUJUK TEUNGOH MENURUT QANUN KOTA LANGSA NOMOR 12 TAHUN 2018. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tuha Peut adalah unsur pemerintahan gampong yang berfugsi sebagai badan permusyawaratan gampong, penentuan tuha peut dipilih secara langsung oleh masyarakat hal tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 44 ayat (1) Qanun Kota Langsa Nomor 12 Tahun 2018 tentang Tuha Peut Gampong,  kemudian setelah dilakasakan pemilihan tuha peut gampong dilantik oleh Wali Kota sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 47 ayat (1) Qanun Kota Langsa Nomor 12 Tahun 2018. Namun pada kenyataan di Desa Paya Bujok teungok Kecamatan Langsa Barat, jabatan tuha peut gampong di isi bukan dengan pelaksanaan pemilihan oleh masyarakat tetapi tuha peut gampong di tunjuk secara langsung oleh Geuchik tanpa ada pemilihan.


Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaturan hukum terhadap pemilihan Tuha Peut Gampong berdasarkan Qanun Kota Langsa Nomor 12 Tahun 2018, Untuk mengetahui legalitas Tuha Peut Gampong dalam penunjukan secara langsung oleh Keuchik Gampong Paya Bujok Teungoh, Untuk mengetahui dampak penunjukkan langsung Tuha Peut Gampong oleh Keuchik tanpa pemilihan umum oleh masyarakat.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian yuridis empiris, sebuah metode penelitian yang berupaya untuk melihat hukum dalam arti nyata dan meneliti bagaimana bekerjanya hukum di lingkungan masyarakat, yang diambil dari fakta-fakta yang ada di dalam suatu masyarakat dan badan hukum.


Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaturan hukum mengenai penentuan tuha peut gampong diatur dalam  Qanun Kota Langsa Nomor 12 Tahun 2018, yang mengatakan mekanisme penentuan tuha peut gampong harus sesuai dengan ketentuan Pasal 44 Qanun Tersebut, Tuha peut gampong dapat dikatakan tidak legal  jika penentuannya melanggar ketentuan Pasal 44 Qanun Kota Langsa Nomor 12 Tahun 2018 Tuha Peut Gampong dan  dampak dari penunjukan tuha peut secara langsung yaitu SK peresmian keanggotaan tuha peut gampong dinilai cacat hukum karena bertentangan dengan Pasal 44 Jo Pasal 47 Qanun Kota Langsa Nomor 12 Tahun 2018 tentang Tuha Peut Gampong.


Disaran Kepada Wali Kota Langsa Melalui Camat Langsa Barat untuk membina para Keuchik dalam mekanisme penentuan tuha peut gampong, agar telaksananya pemilih tuha peut gampong secara demokrasi. Disarankan kepada Keuchik Gampong Paya Bujok Teungoh, untuk kedepannya dalam penentuan tuha peut wajib sesuai dengan ketentuan hukum.  Disarankan kepada Keuchik Gampong Untuk memberhentikan Tuha Peut yang ditunjuk secara meanyalahi aturan.

Kata kunci : Meknisme, Pengisian, Jabatan Tuha Peut Gampong.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yoki Oktari
Fakultas : Fakultas Hukum
Program.Studi : Ilmu Hukum (2022)
Tanggal disimpan : 08-06-2022 21:46
Terakhir diubah : 23-06-2022 07:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2823
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!