KEMAMPUAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 MANYAK PAYED DALAM MENULIS CERITA INSPIRATIF DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN

Raudatul Iklima (2022), KEMAMPUAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 MANYAK PAYED DALAM MENULIS CERITA INSPIRATIF DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang Kemampuan Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Manyak Payed dalam Menulis Cerita Inspiratif dengan Memperhatikan Struktur dan Kaidah Kebahasaan. Adapun masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Manyak Payed dalam menulis cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Manyak Payed dalam menulis cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Manyak Payed yang berada di Kampung Mesjid, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 3 Manyak Payed berjumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Penilaian yang peneliti gunakan pada data penelitian mencakup 4 aspek, yaitu (1) aspek orientasi, pada aspek ini siswa memperoleh nilai rata-rata 79,2 sudah termasuk dalam kategori baik, (2) aspek komplikasi, pada aspek ini siswa memperoleh nilai rata-rata 73,84 sudah termasuk dalam kategori baik, (3) aspek resolusi, pada aspek ini siswa memperoleh nilai rata-rata 66,12 termasuk dalam kategori cukup, (4) aspek koda, pada aspek ini siswa memperoleh nilai rata-rata 67,68 termasuk dalam kategori cukup, dan (5) aspek kaidah kebahasaan, pada aspek ini siswa memperoleh nilai rata-rata 78,35 dan termasuk kedalam kategori baik. Adapun nilai rata-rata kemampuan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Manyak Payed dalam menulis teks cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan adalah 75. Nilai tersebut sudah termasuk dalam kategori baik.

Kata kunci : Menulis, Teks Cerita Inspiratif, SMP Negeri 3 Manyak Payed

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Raudatul Iklima
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Bahasa Indonesia (2022)
Tanggal disimpan : 06-06-2022 09:25
Terakhir diubah : 27-06-2022 16:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2804
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!