PERANCANGAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYAN JASA POS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FANCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus: PT. Pos Langsa)

Nurfajri (2022), PERANCANGAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYAN JASA POS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FANCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus: PT. Pos Langsa) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 PT. Pos Langsa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan transaksi. Jenis layanan transaksi yang tersedia, yaitu bantuan langsung tunai, gaji pensiun, gadai emas, penagihan, pengiriman paket, pengiriman dokumen dan pembelian materai. Permasalahan dihadapi yaitu PT. Pos Langsa ingin meningkatkan kualitas pelayanan  pelanggan dilihat dari keinginan pelanggan. Tujuan penelitian, menentukan jenis layanan dilihat dari keinginan pelanggan. Metode penelitian, Quality Function Deployement (QFD). Software Excel, statiscal package for the sciences social (SPSS) dan Visio. Tahapan penelitian ada 2 tahapan, pertama tahapan pengumpalan data instrumen yang dipegunakan kuesioner dengan jumlah 100 responden, ditentukan menggunakan metode slovin. Tahapan kedua pengolahan data menggunakan metode Quality Function Deployement (QFD) untuk mengetahui keingginan konsumen. Hasil dan pembahasan, tingkat kepentingan bernilai 5,  tingkat kepuasaan tertinggi pada tanggapan karyawan PT. Pos Langsa terhadap keluhan konsumen dengan respon cepat bernilai 4,51, nilai target 5, nilai rasio perbaikan terbesar 1,256 dengan atribut karyawan memahami kebutuhan konsumen, sales point bernilai 1,5, raw weight yang terbesar bernilai 8,925 pada aktivitas pengiriman cepat, normalisasi bobot yang terbesar bernilai 11,958% pada aktivitas pengiriman cepat, absolute importance pada respon teknis bernilai 388,368 yaitu melakukan training untuk karyawan secara berkala. Relative importance pada respon teknis bernilai 1,473 dengan  pencahayaan dan konsep gedung. Ada 14 respon teknis, yang dirancang dalam memunuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk meningkatkan kualitas pelayanan PT. Pos Langsa. yaitusistem pengiriman cepat. Kesimpulan dari 10 variabel yang diinginkan pelanggan ada satu variabel yang paling diinginkan pelanggan bernilai 11,958 yaitu pengiriman cepat

Kata kunci : Jasa, Pelayanan, Quality Function Deployment Software Excel, Statiscal Package for the Sciences Social Statiscal Package for the Sciences Social

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurfajri
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2022)
Tanggal disimpan : 15-05-2022 14:28
Terakhir diubah : 13-09-2022 10:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2780
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!