EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) DI DESA PUNTI PAYONG KECAMATAN RANTO PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR

Reji Maulana Azsari (2022), EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) DI DESA PUNTI PAYONG KECAMATAN RANTO PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pengembangan sentra produksi kopi robusta di Desa Punti Payong Kabupaten Aceh Timur memerlukan evaluasi kesesuaian lahan guna mendapatkan hasil produksi terbaik serta meminimalkan kerugian yang dapat diakibatkan oleh faktor pembatas dilokasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan analisis deskriptif berdasarkan observasi lapangan dan analisis laboratorium, penentuan sampel dilakukan secara “purposive sampling” yaitu penentuan lokasi atau titik sampel yang dipilih secara langsung atau sengaja dengan alasan bahwa pada lokasi tersebut akan dijadikan sebagai lokasi pengembangan budidaya tanaman kopi robusta. Data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya yaitu data primer yang meliputi peta satuan lahan, data analisis fisika tanah, data analisis kimia tanah, dan data curah hujan, adapun data sekunder yaitu hasil interpretasi data penginderaan jauh. Kesesuaian lahan aktual yang didapat memerlukan upaya-upaya perbaikan terhadap faktor pembatas yang bertujuan untuk meningkatkan kelas kesesuaian lahan agar menjadi lebih baik dan sesuai terhadap tanaman kopi robusta yang akan dikembangkan.

Kata kunci : kopi robusta, kesesuaian lahan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Reji Maulana Azsari
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 26-04-2022 15:40
Terakhir diubah : 12-05-2022 12:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2767
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!