ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 LANGSA KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Wahyu Syahputra (2021), ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 LANGSA KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2020/2021 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Covid-19 adalah sebuah wabah virus yang menyerang system pernapasan. Pandemi covid (19) ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk menjaga jarak diantara masyarakat, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang. Pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu bidang yang terdampak adanya covid-19 ini. Dengan adanya pembatas reaksi, kementerian pendidikan Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yaitu meliburkan sekolah dan mengganti proses kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem daring. Namun terdapat banyak permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan salahsatunya adalah kesulitan belajar yang dialami siswa terlebih lagi di kondisi saat ini dengan wabah pandemic covid-19 yang sedang dialami. Hal ini membuat system pembelajaran dialihkan kedalam metode pembelajaran online atau daring (dalam jaringan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar siswa selama pandemic Covid-19 di SMA Negeri 1 Langsa Kelas XI tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Langsa tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 240 siswa. Sampel penelitian berjumlah 127 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, persentase rata-rata keseluruhan pada faktor internal dan factor eksternal pada kesulitan belajar yaitu sebesar 34,26% atau sebanyak 44 siswadari 127 siswa yang mengalami kesulitan belajar di masa pandemic Covid-19. Dimana faktor internal adalah kesulitan belajar yang berasal dari dalam diri siswa seperti factor fisiologis dan psikologis, sedangkan factor eksternal adalah kesulitan belajar berasal dari luar diri siswa seperti, factor keluarga, sekolah, dan masyarakat. Hal demikian menunjukkan bahwa hamper setengahnya siswa SMA Negeri 1 Langsa Kelas XI Tahun pelajaran 2020/2021 mengalami kesulitan belajar.


 


 


 

Kata kunci : KesulitanBelajar, Covid-19

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wahyu Syahputra
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2021)
Tanggal disimpan : 21-04-2022 20:06
Terakhir diubah : 01-08-2022 23:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2751
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!