ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Safia Sa'adilla (2022), ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam pemecahan masalah atau pencarian solusi dalam matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar memiliki kemampuan berpikir kritis adalah dengan memilih dan menerapkan strategi atau model pembelajaran matematika yang tepat. Untuk melningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).               


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar dan menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran matematika.


Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan SMP Negeri 10 Langsa. Subjek penelitian ini yaitu 6 siswa kelas VII Khadijah SMPN 10 Langsa.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada materi operasi himpunan berdasarkan hasil tes dan wawancara pada siswa kelas VII Khadijah SMPN 10 Langsa. 1)Berdasarkan indikator memberikan penjelasan sederhana pada soal nomor 1, 3 siswa yang mampu memenuhi indikator memberikan penjelasan sederhana. 2)Berdasarkan indikator membangun keterampilan dasar pada soal nomor 2, 3 siswa yang mampu memenuhi indikator membangun keterampilan dasar. 3)Berdasarkan indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah pada soal nomor 3, 3 siswa yang mampu memenuhi indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah. 4) Berdasarkan indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah pada soal nomor 4, 4 siswa yang mampu memenuhi indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah. 5) Berdasarkan indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah pada soal nomor 3, 2 siswa yang mampu memenuhi indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah.


Disarankan kepada pihak sekolah serta guru matematika agar dapat menerapkan model – model pembelajaran yang bervariasi untuk melatih kemampuan siswa.

Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis,dan Model Teams Games Tournament (TGT)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Safia Sa'adilla
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 20-04-2022 12:07
Terakhir diubah : 14-06-2022 10:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2747
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!