PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 2 LANGSA

Wahyu Gunawan (2022), PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 2 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pembelajaran fisika yang hanya berpusat pada guru, menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurang pahamnya siswa pada konsep fisika berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Langsa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu pre-experimental design. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan untuk penelitian yaitu kelas VII 3 berjumlah 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan berganda untuk hasil belajar dan non tes berupa lembar instrumen untuk penilaian sikap (afektif) dan penilaian keterampilan (psikomotorik). Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji independent sampel t test dari hasil pretest dan posttest  memperoleh thitung>ttabel (13,34 > 1,671). Penilaian lembar instrumen afektif pada observer 1 dan 2 keseluruhan aspek berkategori sangat baik. Kemudian lembar instrumen psikomotorik pada observer 1 dan 2 beberapa aspek berkategori baik dan sangat baik, Sehingga dari hasil penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik dapat di simpulkan bahwa Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa menggunakan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT).

Kata kunci : Strategi REACT, Kognitif, Afektif, Psikomotorik

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wahyu Gunawan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 20-04-2022 09:54
Terakhir diubah : 29-06-2022 05:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2746
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!