IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)DI DESA BANTAYAN KECAMATAN SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR

Nurussalma (2022), IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)DI DESA BANTAYAN KECAMATAN SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Udang windu (Penaeus monodon) merupakan komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena udang windu banyak digemari oleh konsumen lokal maupun luar negeri. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan prevalensi ektoparasit. Penelitian ini menggunakan metode survey yang sampelnya di ambil di tambak pembesaran yang sering terjadi kegagalan panen di Desa Bantayan Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur. Metode pengambilan acak sampling. Kemudian sampel di bawa ke Laboratorium Universitas Samudra untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Organ udang yang di amati yaitu bagian ekor, kaki renang, kaki jalan, karapas dan insang. Dari hasil penelitian ditemukan 3 jenis ektoparasit yang menginfeksi udang windu yaituZoothamnium sp., Epistylis sp. dan vorticela sp, tingkat prevalensi pada Zoothamnium sp., yaitu 25%, padaEpistylis sp., sebanyak 16% dan vorticela sp., sebanyak 2%.

Kata kunci : Udang Windu ( Penaeus monodon), Prevalensi, Ektoparasit, Kualitas Air

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurussalma
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2022)
Tanggal disimpan : 19-04-2022 12:35
Terakhir diubah : 25-04-2022 12:36
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2740
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!