PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMAN 5 LANGSA

Devi Rahayu (2022), PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMAN 5 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kegiatan belajar mengajar akan tercapai apabila siswa mampu mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru didalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar yang baik guru harus dapat memilih dan menerapkan sebuah model pembelajaran, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Model kooperatif Teams Games Tournament (TGT) merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang mengandung unsur permainan didalamnya, sehingga akan membuat siswa belajar dengan suasana yang menyenangkan sehingga materi yang diberikan oleh guru akan lebih mudah diserap dan juga di ingat oleh siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Langsa dengan menerapkan model kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dan mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Langsa dengan menerapkan model kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Metode yang digunakan berupa metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu keseluruhan siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Langsa yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 84 siswa dan sampel penelitiannya dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas XI IPA 1 di SMAN 5 Langsa dengan jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penilitian ini adalah test yang berupa pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dengan pengujian hipotesis didapatkan –t1- 1⁄2α < t > t1- 1⁄2α yaitu -2,052 < 2,613 > 2,052, sehingga Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha dapat diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan penerapan model kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Langsa dan peningkatan hasil belajar dengan penerapan model kooperatif Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Langsa yaitu sebesar 37,35. Saran bagi guru-guru biologi untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) atau berbagai macam model-model pembelajaran yang lain agar dapat diperoleh hasil belajar yang lebih baik.

Kata kunci : Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Devi Rahayu
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 19-04-2022 11:54
Terakhir diubah : 03-08-2023 15:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2737
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!