IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Puntung Kumala Dewi Marbun (2021), IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Banyaknya anggapan siswa terhadap matematika merupakan sebuah mata pelajaran yang sulit dan membosankan seperti pada mata pelajaran aritmtika sosial sangat mempengaruhi penalaran matematis siswa yang dibutuhkan untuk siswa menyelesaikan permasalahan matematika. Kemampuan penalaran matematis merupakan suatu alat esensial untuk pelajaran matematika Karena matematika termasuk dalam ilmu pengetahuan yang membutuhkan penalaran. Dengan memanfaatkan model Problem Based Learning (PBL) akan mempermudah siswa saat menggunakan penalaran matematis pada pembelajaran aritmatika sosial.


Penelitian ini dilakukan karena diharapkan akan memberi peningkatan kemampuan penalaran matematis pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis pada siswa setelah belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL).


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Langsa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 8 Langsa. Metode pengambilan sampel yang digunakan dengan menggunakan Simple Random Sampling.


Terdapat kemampuan penalaran matematis siswa meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran PBL dengan nilai rata rata sebelum diterapkannya model pembelajaran PBL yaitu 16, sedangkan nilai rata rata setelah diterapkannya model pembelajaran PBL 71,31. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh bahwa  = 9,914 > = 2,10 dapat disimpulkan untuk menolak H0 dan menerima Ha artinya pada taraf signifikan 5% bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL).


Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadikan model Problem Based Learning (PBL) sebagai bahan pertimbangan dan  masukan bagi sekolah, agar siswa dapat lebih semangat lagi, dan sebagai tambahan ide kreatuf bagi guru untuk menggunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa khususnya pada materi aritmatika sosial

Kata kunci : kemampuan penalaran matematis, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), aritmatika sosial.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Puntung Kumala Dewi Marbun
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 08-04-2022 11:20
Terakhir diubah : 21-04-2022 03:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2704
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!