PREFERENSI PENGETAHUAN TENAGA KERJA TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PERILAKU PEKERJA DAN KECELAKAAN KERJA PADA PELAKSANAAN PROYEK DI KOTA LANGSA

Hayatun nufus (2022), PREFERENSI PENGETAHUAN TENAGA KERJA TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PERILAKU PEKERJA DAN KECELAKAAN KERJA PADA PELAKSANAAN PROYEK DI KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena kecelakaan kerja yang terjadi di Kota Langsa dalam kurun waktu dua tahun yang lalu, dimana kecelakaan kerja tersebut menimbulkan korban jiwa dikarenakan berbagai hal termasuk aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang dimiliki oleh tenaga kerja. Kasus kecelakaan kerja yang terjadi pada Kota Langsa yaitu kecelakaan yang terjadi pada daerah Sidoerjo pada tahun 2021 pada pembangunan ruko dengan kecelakaan tersengat listrik. Dan pada kasus yang lain yang terjadi pada tahun 2019 pada pembangunan Rumah Sakit Rujukan Regiomal  dengan kasus tangan salah satu tenaga kerja yang mengalami kecelakaan yaitu terkena besi.dan juga adanya tenaga kerja yang terjatuh dari ketinggian. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah mengetahui seberapa besar pengetahuan tenaga kerja tentang K3 dalam proyek konstruksi, untuk mengetahui keterkaitan antara pengetahuan tenaga kerja tentang K3 terhadap perilaku dan kecelakaan kerja  pada pelaksanaan proyek konstruksi pada Kota Langsa. penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis sampel Isidential Sampling. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linear Berganda, uji validitas dan realibilitas, uji t, uji f, dan Koefisien Determinan (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan tenaga kerja tentang Keselamatan dan Kesehatan Tenaga Kerja (K3) yaitu sebesar 75,11% maka, dapat dikatakan baik dan dapat dikatakan bahwa tenaga kerja di Kota Langsa sudah memiliki Pengetahuan K3 yang bagus. Pengaruh variabel Perilaku Pekerja tidak berpengaruh terhadap Pengetahuan K3 pada proyek konstruksi di Kota Langsa. Pengaruh variabel Kecelakaan kerja tidak berpengaruh terhadap pengetahuan K3 pada proyek konstruksi di Kota Langsa.


 

Kata kunci : Pengetahuan K3, Perilaku Pekerja, Kecelakaan Kerja,

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Hayatun nufus
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2022)
Tanggal disimpan : 06-04-2022 13:09
Terakhir diubah : 14-04-2022 11:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2701
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!