PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Alwi Ardiansyah (2022), PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan media edmodo yakni media dengan berbantuan jaringan internet sebagai pendukung pembelajarannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media edmodo dengan siswa yang mempelajarannya menggunakan metode konvesional di SMA N 5 Langsa serta untuk mengetahui efektivitas pembelajaran e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi.


Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X jurusan IPS dan sampel penelitian ini kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 44 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk kemudian untuk reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown dengan bantuan program SPSS. Tingkat kesukaran soal dalam kriteria sedang dan daya beda soal dalam kriteria baik. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t sedangkan untuk mengetatahui efektivitas penerapan media pembelajaran e-leraning berbasis edmodo pada Mata Pelajaran Geografi menggunakan uji N-gain.


Hasil penelitian ini menunjukan hasil nilai signifikansi uji-t sebesar 0,039 lebih kecil dari 0,05 sehingga keputusannya adalah Ho di tolak dan Ha diterima. Dapat diartikan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan pembelajaran menggunakan media edmodo dengan pembelajaran menggunakan metode konvesional. Hasil perhitungan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 63,97% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada Mata Pelajaran Geografi cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : E-Learning, Edmodo, Hasil Belajar, Efektifitas

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Alwi Ardiansyah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2022)
Tanggal disimpan : 06-04-2022 09:54
Terakhir diubah : 27-05-2022 11:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2697
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!