ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI JERUK LEMON (CITRUS LEMON) DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (STUDI KASUS DI DESA PEMATANG DURIAN)

Febri Angga (2021), ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI JERUK LEMON (CITRUS LEMON) DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (STUDI KASUS DI DESA PEMATANG DURIAN) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pendapatan usahatani jeruk lemon di Desa Pematang Durian Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan dengan metode Purposive Sampling dimana ada satu desa yang dijadikan sampel dengan pertimbangan bahwa desa terpilih terdapat usahatani jeruk lemon yaitu desa Pematang Durian Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi biaya produksi, penerimaan, pendapatan serta analisis kelayakan. Hasil menunjukkan jeruk lemon di Kecamatan Sekerak merupakan salah komoditi tanaman perkebunan yang layak untuk diusahakan karena memiliki R/C ratio> 1 yaitu sebesar 1,78 atau pendapatan yang diterima oleh petani lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Adapun pendapatan dalam usahatani ini yaitu sebesar Rp.4.696.667/periode dan biaya usahatani sebesar Rp.2.642.838/periode.

Kata kunci : Pendapatan Usahatani, Jeruk Lemon (Citrus lemon), Desa Pematang Durian

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Febri Angga
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2021)
Tanggal disimpan : 29-03-2022 12:05
Terakhir diubah : 25-04-2022 13:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2671
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!