ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA ANAK IRENA SI RATU SAMPAH KARYA T. SANDI SITUMORANG DAN AMANAT YANG DAPAT DITERAPKAN BAGI SISWA KELAS V

Eka Ariansika Br Sitepu (2022), ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA ANAK IRENA SI RATU SAMPAH KARYA T. SANDI SITUMORANG DAN AMANAT YANG DAPAT DITERAPKAN BAGI SISWA KELAS V. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Buku  cerita  anak  yang  baik  ialah  buku  cerita  yang  mampu  memberikan bimbingan ataupun amanat yang baik terhadap mereka sehingga mereka mampu menerapkan dan menyontohkan dari apa yang selalu mereka baca dan lihat. Selain itu, tingkat pemahaman anak terhadap cerita yang ada di dalam buku juga harus dikembangkan  melalui  unsur-unsur  intrinsik.  Tujuan  pada  penelitian  ini  yaitu untuk mengetahui bagaimanakah unsur intrinsik (tema, latar, sudut pandang, alur, tokoh dan penokohan, gaya bahasa, amanat) cerita Anak Irena Si Ratu Sampah dan mengetahui bagaimanakah amanat dalam cerita ini yang dapat diterapkan bagi siswa SD kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi serta analisis data dengan model Moleong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku Irena Si Ratu Sampah memuat unsur intrinsik yang baik dan memberikan amanat yang baik. Adapun amanat dari sub judul cerita ialah, a. bahwa segala sesuatu yang diinginkan tidak boleh terlalu dilebih-lebihkan atau dilakukan secara berlebihan. b. jangan mudah menilai seseorang dari penampilan. c. jangan mudah percaya terhadap perkataan orang lain. d. jangan mudah berburuk sangka terhadap orang lain. e. setiap manusia terlahir dengan istimewa, jangan malu melakukan sesuatu hal yang baik. f.  jangan takut untuk memecahkan masalah yang belum terungkap kebenarannya. g. saling menyayangi antar makhluk hidup. h. uang bukanlah segalanya. i. sikap toleransi antara sesama manusia. j. harus lebih percaya diri dan teliti dalam mengambil sebuah keputusan. k. jangan takut untuk berbuat baik. l. setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. m. tak kenal maka tak sayang. Berdasarkan amanat tersebut dapat disimpulkan bahwa cerita anak Irena Si Ratu Sampah dengan empat belas sub judul dapat dijadikan referensi untuk siswa kelas V.


 


 


 

Kata kunci : Unsur Intrinsik, Buku Cerita Irena Si Ratu Sampah Karya T. Sandi Situmorang

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Eka Ariansika Br Sitepu
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 29-03-2022 11:56
Terakhir diubah : 07-09-2022 00:08
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2670
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!