ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN FISKAL DAN INFLASI TERHADAP PENDAPATAN NASIONAL DAN NILAI TUKAR DI INDONESIA

Ela shaputri (2022), ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN FISKAL DAN INFLASI TERHADAP PENDAPATAN NASIONAL DAN NILAI TUKAR DI INDONESIA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan fiskal dan inflasi terhadap pendapatan nasional dan nilai tukar di indonesia. Penelitian ini menggunakan metode path analysis (analisis jalur). Path analysis merupakan suatu teknik untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang terjadi pada regresi linier berganda jika variabel bebasnya mempengaruhi variabel tergantung tidak hanya secara langsung tetapi juga secara tidak langsung. Analisis data kuantitatif dilakukan untuk mengetahui apakah variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terkait dengan menggunakan metode penelitian path analysis (analisis jalur).


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan fiskal berpengaruh positif dan signifikan, inflasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pendapatan nasional, Kebijakan fiskal dan inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai tukar, pendapatan nasional berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai tukar di Indonesia. Hasil analisis jalur menunjukan bahwa kebijakan fiskal secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap nilai tukar dengan pendapatan nasional  sebagai variabel intervening, inflasi secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap nilai tukar dengan pendapatan nasional sebagai variabel intervening.

Kata kunci : kebijakan Fiskal, Inflasi, Pendapatan Nasional, Nilai Tukar, Analisi Jalur

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ela shaputri
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2022)
Tanggal disimpan : 23-03-2022 11:36
Terakhir diubah : 09-01-2023 15:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2648
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!