EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Nurlaili (2021), EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Proses belajar mengajar di sekolah mengalami kendala yang disebabkan menyebarnya wabah virus corona pada awal bulan Maret 2020 di Indonesia. Untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19, proses pembelajaran dilakukan secara online atau daring di semua jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Fisika. Indikator efektivitas yang digunakan dalam penelitian adalah hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dimana teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Idi dan sampel yang digunakan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa diperoleh skor 85% telah mencapai ketuntasan individu tergolong dalam kategori tinggi dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Aktivitas siswa selama pembelajaran daring diperoleh skor 3,1 tergolong dalam kategori cukup aktif. Keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran terlaksana dengan baik dengan skor 2,83. Respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh dengan skor 3,16 berada pada kategori cenderung positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada mata plajaran Fisika efektif diterapkan di SMA Negeri 1 Idi.

Kata kunci : efektivitas, pembelajaran daring, covid-19

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurlaili
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2021)
Tanggal disimpan : 23-03-2022 11:25
Terakhir diubah : 28-03-2022 16:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2645
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!