IDENTIFIKASI JENIS IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TPI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KECAMATAN IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR

Asnawati (2022), IDENTIFIKASI JENIS IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TPI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KECAMATAN IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

TPI pelabuhan perikanan Nusantara Kecamatan Idi raya Kabupaten Aceh Timur merupakan TPI yang memiliki beragam hasil tangkapan ikan sebagai tempat pelelangan ikan. Jenis ikan dengan nilai tinggi umumnya langsung masuk kedalam tong khusus untuk langsung diekspor. Jenis ikan tersebut antara lain seperti tenggiri, tuna, bawal dan lain sebagainya, sedangkan ikan yang langsung dilelang adalah ikan yang melimpah seperti ikan tongkol, bandeng, biji nangka, gergak dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana jenis ikan hasil tangkapan nelayan dan jenis ikan apa saja yang paling dominan di TPI Aceh Timur yang dapat digunakan sebagai bahan informasi mengenai berbagai jenis ikan yang ada di TPI Aceh Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui ada 16 jenis ikan. Hasil tangkapan di TPI pelabuhan perikanan nusantara kecamatan idi rayeuk kabupaten Aceh Timur yaitu ikan Cakalang, Tongkol, Layur, bandeng, Selar, kuwe gerong, biji nangka, kuwe kuning, cucut, kurisi, gergak, mahi-mahi, hiu, kembung mata,tamban, dan kapas. Jenis ikan yang diekspor diketahui ada 8 yaitu ikan tenggiri, kuwe rambe, kakap merah, kakap putih, jenaha, kerapu, bawal dan tuna.Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa hasil tangkapan nelayan di TPI pelabuhan perikanan nusantara kecamatan idi rayeuk kabupaten Aceh Timur ada 16 jenis. Jenis ikan yang paling dominan yaitu ikan tongkol dengan nilai dominansi 8,16 dan Terdapat 8 jenis ikan yang tidak dilelang akan tetapi langsung diekspor. Saran dalam penelitian diharapkan bagi nelayan untuk terus menjaga kelestarian laut agar hasil ikan melimpah. Pentingnya instansi terkait untuk menekankan agar nelayan lebih sejahtera dalam menjalani pekerjaan mereka.

Kata kunci : hasil tangkapan, TPI nusantara, Aceh Timur

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Asnawati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 22-03-2022 17:29
Terakhir diubah : 19-04-2022 11:38
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2643
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!